Jumat, 05 April 2013

HUBUNGAN MANUSIA DENGAN ALAM


HUBUNGAN MANUSIA DENGAN ALAM

Hubungan manusia dengan alamnya mengandung beberapa aspek, antara lain manusia tidak lepas dari interaksinya bersama sesama manusia juga dengan hewan, tumbuhan, lingkungan / alam.
Karena aspek-aspek tersbeut sangat berarti bagi manusia, karena manusia adalah mahluk yang tidak dapat hidup sendiri, tanpa bantuan disekitar lingkungan hidupnya. Selain itu juga manusia diciptakan oleh Tuhan untuk beribadah sebagaimana mestinya seperti ketentuan yang telah diberikan Tuhan dalam kitab kepercayaan masing-masing agama.
Sungguh terlalu bila manusia tidak bersyukur atas segala apa yang diberikan oleh Tuhan, manusia diciptakan sebagai khalifah dimuka bumi ini, sebagai penguasa alam semesta, karena diciptakan oleh Tuhan sebagai mahluk yang paling sempurna dibandingkan mahluk hidup lainnya. Manusia dapat bersyukur pada Tuhanya dengan cara beribadah yang rajin menjauhi segala larangannya dan mentaati segala perintah-Nya.
Di alam dunia ini kita manusia diciptakan berpasang-pasangan, ada laki-laki ada perempuan, dan uniknya manusia memiliki sifat yang beragam, ada yang baik, jahat, pemarah, pemalu, sabar, dan tidak sabar dalam menghadapi masalah.
Walaupun setiap manusia mempunyai sifat yang berbeda-beda namun kita sebagai manusia harus saling menghormati dengan manusia lainnya, sebab dengan terjalinnya hubungan yang baik antar manusia dengan manusia, maka akan tercipta ketentraman hidup. Bayangkan bila manusia di dunia ini tidak saling menghormati dan mengerti dengan segala kepentingan dan kesibukannya? Mungkin tidak akan tercipta ketentraman hidup dan dunia ini akan semrawut dengan ulah manusia.
Ketentraman hidup dapat dijalin dengan cara saling berinteraksi antar manusia, saling menyayangi, saling mencintai. Cara tersebut dapat dijalankan pada berbagai situasi / keadaan, antara lain dalam bermasyarakat, keluarga dan dalam lingkungan keluarga juga, meski terkadang sekarang ini sulit untuk menjalin ketentraman hidup dikarenakan pola pikir manusia yang telah diracuni oleh pola pikir yang menyimpang.
Lalu hubungan manusia dengan hewan / binatang, cara kita sebagai manusia menghormati binatang dengan cara menyayanginya dan tidak menyiksanya / membunuhnya bila binatang itu tidak mengganggu.
Ada sebagian manusia yang menyayangi binatang dengan cara memeliharanya. Binatang tersebut bisa dikategorkan menjadi 2 macam, antara lain binatang yang jinak dan tidak jimak. Kedua kategori sifat binatang ini sebagian besar ada yang dipelihara oleh manusia juga.
Binatang juga sangat bermanfaat bagi manusia, selain dapat dimanfaatkan tenaga dan dapat dimakan juga sebagai sarana penambah kebutuhan untuk konsumsi makanan.
Bila binatanag yang ada disekitar kita tidak disayangi maka dapat merugikan jiwa manusia sebab secara tidak langsung binatang itu dapat menyerang dan membunuh kita, terutama seperti harimau, ular, banteng.
Karena kita hidup di dunia ini tidak hanya berdampingan dengan manusia saja tapi dengan binatang juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar